#bintal6 Pebruari 2018

#bintal6 Pebruari 2018
M

Drs. Muhammad Yasin (Narasumber)

 

Surat Al-Fatihah disebut juga sebagai Ummul Quran. Oleh karena itu, surat Al-Fatihah selalu dibaca sebelum membaca ayat-ayat dalam Al-Quran. Surat Al-Fatihah memiliki sejumlah manfaat bagi setiap pembacanya. Khasiat surat Al-Fatihah diantaranya adalah tameng/mantra sebagai berikut :
1. Agar selamat dan bahagia di dunia.
2. Supaya rezeki lancar dan tercapai cita-cita.
3. Mengobati segala jenis penyakit.
4. Melepas tali atau membuka gembok.
5. Menghilangkan kebingungan dalam hati dan pikiran.

karyawati

karyawan-karyawati peserta Bintal Agama Islam

Terjemahan Surat Alfatihah
1. Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
2. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.
3. Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
4. Yang menguasai di hari Pembalasan.
5. Hanya Engkaulah yang Kami sembah, dan hanya kepada EngkaulahKami meminta pertolongan.
6. Tunjukilah Kami jalan yang lurus.
7. (Yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka;bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.

Ada minimal tiga pengakuan pertama (ayat 1-4) pengakuan mutlak kepadak Allah, kedua (ayat 5) pengakuan terhadap sang Khaliq dan mahlukNya, dan ketiga (ayat 6-7) pengakuan untuk manusia (mahlukNya).

bkd

Acara berlangsung dengan semangat belajar

 

Ikrar hanya Allah yang berhak dipuji lantas bagaimana kalau kita memuji-muji selain Allah (mahlukNya)? Silakan tetapi tetap harus disertai karena Allah meskipun hanya dalam hati. Karena sesungguhnya : “Tiada daya dan tiada kekuatan melainkan dengan pertolongan Allah Yang Maha Tinggi dan Maha Agung.”

Kebaikan dan keburukan semuanya berasal dari Allah, masalahnya hanya pilihan saja. Kita mengambil yang diridhai atau yang tidak diridhai. Sama pengertian kasih sayang Allah yang dilimpahkan kepada semua mahluk tetapi ada jenis kasih sayang yang diberikan khusus pada orang-orang yang beriman kepadaNya.

Demikian kajian surat Al-fatihah yang disampaikan Drs. M. Yasin bersama Tim dari Kantor Kementrian Agama kabupaten Jepara dalam kegiatan pembinaan mental karyawan-karyawati BKD Kabupaten Jepara Kamis 1 Pebruari 2018. Semoga bermanfaat.

ketemu

InsyaAllah  bertemu lagi bulan depan

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply