Pembinaan Mental #4

Pembinaan Mental #4

Edisi ke empat ini mengambil bahasan bagaimana menyikapi dosa masa lalu?

 

pegawai

karyawan-karyawati BKD Jepara Peserta Bintal

Alquran Surat Hud Ayat 114. “Dan dirikanlah sembahyang itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bahagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat.”
Ayat ini perlu kajian dan pemahaman mendalam karena kalau hanya dimaknai secara tekstual akan terjadi penyimpangan makna yang dimaksud dalam ayat ini.

Demikian materi yang disampaikan Ustadz Muh Yasin narasumber dari Kantor Kementrian Agama Kabupaten Jepara.
Beliau menjelaskan dengan mengambil beberapa contoh amal baik seperti sadaqoh, menolong orang kesusahan, zakat, dan amalan ibadah-ibadah yang lain disandingkan dengan perbuatan buruk yang mengandung  dosa seperti membunuh, zina. korupsi dan lain sebagainya. Kalau berhenti sampai di situ saja bisa jadi peradaban di dunia akan hancur karena perbuatan salah dan dosa selesai hanya sekedar diganti dengan perbuatan baik. Ternyata perlu kajian khusus yang namanya dosa dan kesalahan tertentu hanya bisa terhapus dengan caradan syarat tertentu pula, dan semangatnya adalah keadilan menyeimbangkan antara hak dan kewajiban baik terhadap sang Pencipta (Allah) maupun sesama ciptaan Allah.

Demikian materi bintal kali ini bahwa ajaran islam (nilai-nilai dasarnya) telah di adopsi pada kode etik dan kode perilaku ASN yang nilai-nilai dasarnya berupa integritas, etos kerja dan gotong royong harus dijadikan pedoman oleh pegawai BKD Kabupaten Jepara.

Bagaimana harus beretika terhadap diri sendiri, sesama pegawai, dan beretika dalam bermasyarakat maupun bernegara.
Sampai bertemu pada pembinaan mental bulan berikutnya. Semoga bermanfaat.

muh

Sekretaris BKD (Dra. Aries Joharini) dan Muh. yasin (Narasumber dari Kantor Kemenag Jepara)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply