large image
Kepala BKD Kab. JEPARA

Abdul Syukur, SH
NIP. 19650805 199203 1 017
LINK TERKAIT
TES K2 BULAN DEPAN
Kategori Berita | Diposting pada : 2013-08-06 -|- 09:48:00 oleh Admin
Share this article on

Tes Penerimaan CPNS di Kabupaten Jepara kemungkinan besar akan dilaksanakan pada September mendatang. Hal ini berdasarkan rapat koordinasi tanggal 18 Juli lalu, di Jakarta.


Kepala BKD Kab. Jepara Abdul Syukur mengatakan, berdasarkan rakor, jika tidak ada perubahan, pelaksanaan atau rekruitment CPNS akan dilaksanakan serentak seluruh Indonesia pada bulan September.


Syukur mengatakan, untuk mekanisme penerimaan CPNS akan dilakukan melalui dua jalur. Formasi umum dan formasi untuk tenaga honorer K2. Namun khusus untuk Kabupaten Jepara, tahun ini hanya khusus untuk tenaga honorer K2 saja.


"Untuk wilayah eks Karesidenan Pati, hanya kabupaten Kudus yang ada rekruitment CPNS lewat jalur umum. Untuk Kabupaten lainnya, termasuk Jepara, hanya untuk tenaga K2 saja," ujarnya.


Adapun pelaksanaan ujian, dilakukan dengan dua model. Yaitu tes kemampuan dasar (pengetahuan umum) dan tes kemampuan bidang (sesuai kualifikasi bidang pekerjaan yang diampu saat ini).


Misalnya untuk guru honorer, tes kemampuan bidang (TKB) adalah bidang pendidikan. Sedang untuk  perawat TKB-nya adalah bidang kesehatan, yang soalnya berasal dari Kementrian kesehatan.


"Sedangkan tes kemampuan dasar untuk Provinsi Jawa Tengah, soalnya berasal dari konsorsium perguruan tinggi (PT) yang ditunjuk . Yaitu Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta," katanya.


Tercatat di Jepara yang masuk kategori K2 sebanyak 1.740 orang. Jumlah ini lebih sedikit dibandingkan awal dikeluarkannya data pada 2010 lalu, yang sebanyak 1.790 orang.


Turunnya jumlah tersebut, karena beberapa ada yang diterima dalam CPNS reguler atau pindah tempat tinggal. "K2 merupakan tenaga honorer yang bekerja di instansi pemerintah namun tidak dibiayai APBN ataupun APBD," jelasnya.


Sementara untuk jumlah PNS di Kabupaten Jepara, pada tiga tahun terakhir selalu mengalami penurunan. Tahun 2010 berjumlah 10.604 PNS, tahu 2011 menurun berjumlah 10.444 PNS, dan tahun 2012 menurun lagi 10.049 PNS. Sedangkan saat ini tinggal 9.848 PNS.


Salah satu tenaga honorer K2 dari SD Negeri 2 Mlonggo, Ali Shubah, mengaku bersyukur karena tahun ini ia bisa mengikuti tes CPNS.


Ia berharap dapat menjadi PNS sepenuhnya pada tahun ini juga. "Persiapan secara khusus hanya berdoa kepada Allah SWT, semoga dapat diterima," ujarnya (Merie)


Koran Muria edisi Jumat 2 Agustus 2013



Baca Juga Berita Lainnya
JAJAK PENDAPAT

Bagaimana menurut pendapat anda tentang kinerja BKD Jepara saat ini ?

Kurang
Cukup
Sangat Bagus
Tidak Tahu

Lihat Hasil Polling
PENGUMUMAN TERBARU
AGENDA TERBARU
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 66539 user
  • IP address : 54.81.177.140
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
GALERI KEGIATAN TERBARU
BERGABUNG DENGAN GROUP KAMI DI FACEBOOK