Arsip Baik Kantor Cantik (1)

Arsip Baik Kantor Cantik (1)
aktif

arsip aktif Sekretariat BKD Jepara

arsip

Martono Petugas Kearsipan BKD

 

Arsip merupakan bahan pertanggung jawaban pemerintah daerah yang harus disimpan dan diselamatkan keberadaannya. Oleh karena itu masing-masing perangkat daerah (OPD) harus melaksanakan pengelolaan arsip dengan baik, sehingga terjamin ketersediaan arsip yang autentik, terpercaya, dan mudah ditemukan kembali bilamana dibutuhkan.

Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten  Jepara  mempraktikkan Total  System Kearsipan setelah petugas  dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kabupaten Jepara membantu menata arsip Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Jepara selama satu bulan 1-22 Juni 2017.

Petugas Kearsipan mendampingi Endang Sri Maryani (Agendaris-BKD) mempraktikkan penerimaan, pencatatan, dan pendistribusian surat  masuk dan keluar di BKD Kabupaten Jepara sesuai dengan kaidah kearsipan yang berlaku.

Dari Total sistem kearsipan, minimal ada 5 sistem kearsipan yang digunakan untuk menata arsip dinamis (arsip aktif dan in aktif) di BKD Jepara yaitu : Pengurusan surat, pendistribusian surat, penggunaan surat,  penyimpanan surat, dan penyusutan arsip).

Tahap awal yang dilaksanakan adalah pengurusan surat dengan menggunakan dua cara yaitu pengurusan surat dengan Sistem Kearsipan Kartu Kendali (SK3) dan aplikasi SIMARDI (Sistem Manajemen Arsip Dinamis).

Pengurusan surat adalah seluruh proses pencatatan dan pengendalian surat sampai tahap penyimpanannya. Ada beberapa kegiatan yaitu mengatur komunikasi  hubungan kerja antara sekretariat dan bidang-bidang  atau sebaliknya dengan menggunakan sarana dan prosedur yang efektif untuk membantu kelancaran pekerjaan melalui  prosedur pendisposisian.

Dengan Sistem Kearsipan Kartu Kendali (SK3) diharapkan pengurusan surat menjadi lebih baik. Endang Sri Maryani dalam mengurus surat masuk dan keluar dibantu siswa-siswi SMK yang praktik kerja industri di BKD Jepara.

Pengendalian informasi surat masuk dan keluar  ada di Pengendali surat (Sekretariat)  akan tetapi setelah surat didistribusikan maka penyimpanan surat tersebut diserahkan pada petugas yang menggunakan surat tersebut  yaitu di Bidang-bidang BKD Jepara.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply