Mahasiswa Magang di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Jepara

Mahasiswa Magang di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Jepara
stikubank

Mahasiswi Unisbank Semarang magang di BKD

Akhir-akhir ini, tidak hanya siswa bahkan mahasiswa banyak yang magang di BKD Jepara. Dalam setahun mencapai belasan orang dari beberapa lembaga pendidikan baik SMK maupun Perguruan tinggi. Kalau anak-anak SMK merupakan pendidikan sistem ganda dengan sebutan Praktik Kerja Industri (Prakerin) sedangkan pada jenjang perguruan tinggi mahasiswanya dibekali pelatihan kerja secara langsung (magang) di perusahaan atau instansi pemerintah yang relevan dengan program studi yang diikuti.

Hal tersebut sesuai dengan Undang-undang nomor 13 tahun 2013 tentang Ketenagakerjaan, bahwa “Pelatihan kerja dapat diselenggarakan dengan sistem pemagangan”.

Adalah Nuris Syafaah mahasiswi dari Universitas STIKUBANK (Unisbank) Semarang Fakultas Ekonomika dan Bisnis mulai 1-30 September 2017 magang di BKD Kabupaten Jepara.

Adapun tujuannya mengembangkan wawasan dan pengalaman mahasiswa untuk memperoleh ketrampilan kerja sekaligus aplikasi teori yang diterima di kampus dengan praktik yang dilakukan di lapangan (tempat magang).

Manfaat bagi mahasiswa sebagai sarana pelatihan, pembelajaran, dan penerapan ilmu pengetahuan perkuliahan. Bagi Perguruan tinggi sebagai masukan pengembangan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Manfaatnya bagi BKD Jepara dapat memanfaatkan tenaga mahasiswa dalam kegiatan kantor. BKD dapat mengetahui kemampuan mahasiswa magang yang mencerminkan kualitas hasil pendidikan di bangku perkuliahan.

Seminggu sudah Nuris bergabung dengan karyawan-karyawati BKD Jepara. “Saya dapat banyak ilmu pengetahuan yang pastinya dapat saya jadikan bahan dan pengalaman untuk modal bekerja di masa depan. Untuk saya pribadi, tentu merasa puas dan bahagia karena dapat menjalankan kegiatan magang di sini dengan baik dan lancar.” jelasnya.

Secara umum ia mempelajari Susunan Organisasi Tugas Pokok dan Fungsi BKD Kabupaten Jepara. Perangkat Daerah ini memiliki layanan kepegawaian yang sangat beragam mulai dari rekruitmen CPNS, pengangkatan PNS, Kenaikan pangkat, mutasi, promosi, kenaikan gaji berkala, izin belajar, izin penggunaan gelar, ujian dinas sampai dengan pensiun PNS. Hari pertama magang Nuris  praktik kerja di front office yaitu melayani tamu dengan ramah menampilkan 3 S (Senyum, Sapa, Salam), mengelola surat masuk dan keluar, memahami sistem kearsipan, semuanya sudah menggunakan teknologi informasi, sehingga hampir semua pelayanan administrasi kepegawaian menggunakan aplikasi komputer (computerized).

Proses itulah yang ingin diketahuinya selama magang di BKD Kabupaten Jepara.

Selamat Datang, Nuris Syafaah di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Jepara.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply